Flek akibat sering di depan kompor,  Flek dan penuaan dini di wajah ternyata bukan hanya disebabkan oleh paparan sinar matahari. Tapi juga karena terlalu sering berada di depan kompor. Untuk menghindari flek tesebut, dianjurkan untuk menggunakan sunblock sebelum memasak.

Dokter kecantikan di Skin Care and Body Treatment, dr. Theresia Tedjasukmana mengatakan 5—ungsi sunblock / suncreen bukan hanya sekedar melindungi dari pengaruh buruk matahari, tapi juga pengaruh panas dari kompor yang bisa merubah pigmen kulit dan penuaan dini.

“Sunblock / suncreen itu penting digunakan setiap hari. Apalagi kalau gak mau tua dan flek. Kalau bekerja di dalam ruangan lebih baik gunakan sunblock / suncreen yang memiliki kandungan 30 SPF,” kata Theresia.

Theresia menceritakan bahwa sebelumnya pernah ada pasien yang datang padanya dengan keluhan flek. Tapi setelah melakukan perawatan beberapa bulan, ibu tersebut datang kembali dan mengatakan fleknya tidak hilang. Namun setelah diketahui, pekerjaan ibu tersebut adalah penjual soto.

“Memang flek ada karena usia, tapi paparan kompor akan membuatnya semakin besar dan banyak. Bagi ibu tersebut saya menganjurkan untuk menggunakan sunblock 3-4 kali berulang setiap hari. Sedikit merepotkan tapi kalau mau cantik dengan cara instan, tidak bisa,” ungkapnya

Seperti yg juga di paparkan dr Lula Kamal
Dampak buruk asap dapur bisa berdampak langsung pada kondisi permukaan kulit wajah akibat bekas pembakaran atau oksidasi yang mengeluarkan beragam zat kimiawi semisal CO2 (karbon dioksida), SO2 (sulfur dioksida), dan NO2 (nitrogen dioksida). Dampak buruk asap dapur bagi kulit wajah di antaranya adalah menyebabkan wajah menjadi kering karena terkikis kelembapan alaminya, kusam, seperti terbakar, warna yang menggelap, serta berminyak.
Umumnya, para perempuan merasa hal ini terjadi dikarenakan pola makan dan hidup yang tidak sehat dan teratur, padahal masalah asap dapur menjadi faktor pendukung lainnya.

“Kulit adalah yang membungkus organ tubuh kita, yang paling utama terkena asapdapur saat memasak ini ialah area kulit wajah, “dr Lula Kamal